Posted by : Unknown Minggu, 23 November 2014


 Kamu pasti tahu tokoh komik Batman, bukan? Terinspirasi dari hewan apakah tokoh Batman tersebut? Kamu pasti tahu deh jawabannya. Ya benar, kelelawar jawabannya. Hewan yang satu ini memiliki cirri-ciri khusus yang membuatnya berbeda dengan hewan yang lain, dan mungkin beberapa di antaranya menginspirasi lahirnya tokoh komik Batman yang popular dikenal orang sekrang ini. Apa saja cirri-ciri khusus Kelelawar? Simak hal berikut ini ya:
  • Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang mampu terbang. Sayap kelelawar merupakan membrane dobel dari kulitnya dan terbentang di antara tulang dari keempat jarinya (kecuali jempol) yang sangat panjang.
  • Ibu jari kelelawar sangat kecil apabila dibandingkan dengan keempat jari lainnya (lihat gambar di atas).
  • Hampir semua jenis kelelawar merupakan nocturnal, yaitu mahluk yang aktif di malam hari.
  • Berlawanan dengan jerapah, kelelawar merupakan mamalia yang durasi tidurnya paling lama di antara hewan mamalia yang lain.
  • Memiliki kemampuan Echolocation. Mungkin Kamu selama ini menyangka bahwa kelelawar itu buta, tetapi sebenarnya kelelawar itu tidak buta. Bahkan, penglihatan kelelawar terbilang cukup baik. Meski begitu, kelelawar cenderung lebih menggunakan sistem sonar yang dimilikinya dalam memburu mangsanya. Sistem sonar tersebut disebut dengan Echolocation. Dengan kemampuan echolocation, kelelawar pada awalnya mengeluarkan suara frekuensi tinggi (sejenis teriakan) melalui mulut atau hidungnya, suara tersebut kemudian memantul kembali ke mereka ketika ada sesuatu di depannya. Dengan cara itulah kelelawar mampu untuk menentukan lokasi mangsanya, meski suasana sangat gelap. Suara yang diproduksi kelelawar itu tidak bisa didengar oleh manusia. Perlu Kamu tahu bahwa kemampuan echolocation kelelawar sangat sensitive, karena mampu mendeteksi benda yang sangat tipis. Suara kelelawar tersebut diproduksi oleh larynx atau kotak suara dengan cara memaksa udara untuk melewati membrane vocal yang sangat tipis yang hanya dimiliki oleh kelelawar. Tahukah Kamu? Ketika kelelawar sedang mencari mangsanya biasanya mereka mengeluarkan 10 getaran suara per detiknya, tetapi ketika lokasi mangsanya sudah ditemukan maka akan diproduksi 200 getaran suara dalam setiap detiknya, sehingga mereka dapat mengejar dan menangkap mangsanya.
  • Ada kelelawar hidup sendiri dan bergantungan di dahan pohon, atap rumah, peternakan ataupun tempat lain yang terlindungi selama mereka beristirahat di siang hari. Namun, ada juga kelelawar yang membentuk koloni dan bergantungan di gua-gua ataupun di area pertambangan. Saat mereka istirahat, kelelawar bergantungan dengan posisi kepala di bawah.
  • Bayi kelelawar dilahirkan dalam keadaan buta dan tidak memiliki bulu.
  • Kelelawar betina dapat menunda proses pembuahan (delayed fertilization) pada dirinya dengan cara menyimpan sperma kelelawar jantan pada sistem reproduksinya.
  • Sebagai hewan berukuran kecil, kelelawar termasuk ke dalam hewan yang memiliki kecepatan reproduksi lambat. Hal tersebut disebabkan oleh masa hidup kelelawar yang cukup panjang, bisa hidup hingga berumur 20 tahun.
  • Kelelawar dapat mengalami hibernasi, biasanya pada musim dingin. Selama hibernasi, temperatur tubuh kelelawar turun drastis hampir seperti temperatur udara sekitar, laju pernapasan dan detak jantungnya pun jadi melambat. Pada saat hibernasi, kelelawar tidak makan apapun, mereka bertahan dengan membakar secara perlahan lemak yang dikumpulkan selama musim panas.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

- Copyright © Senggol Bacok! -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -